Mahasiswa UNDIP Lakukan Pendampingan kepada UMKM dalam Menggunakan Google Maps


Kegiatan pembuatan profil usaha di Google Maps
Wonogiri (29/7/2024) - UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan hal yang vital dalam pengembangan ekonomi pada suatu daerah yang dapat meningkatkan pendapatan melalui penghasilan dari usaha tersebut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di beberapa desa, UMKM menjadi sektor yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Namun seiring dengan berkembangnya era digital, tantangan yang didapatkan juga semakin kompleks terutama dalam meningkatkan exposure bisnis dan membangun strategi bisnis yang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan exposure dan membangun strategi bisnis yang tepat adalah dengan membuat profil bisnis atau lokasi usaha di Google Maps.
Desa Purwosari adalah salah satu desa di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Desa Purwosari memiliki 9 Dusun dengan populasi yang cukup padat dengan berbagai aktivitas ekonomi di berbagai bidang usaha. Diantara berbagai usaha tersebut, UMKM menjadi sektor yang cukup dominan dengan berbagai hasil produk usaha di Desa Purwosari. Berbagai bidang usaha cukup beragam, namun kuliner menjadi yang paling dominan dihasilkan oleh masyarakat sekitar.
Dengan adanya peluang yang besar di bidang UMKM, adapun beberapa upaya untuk meningkatkan exposure bisnis di Desa Purwosari yang salah satunya pembuatan lokasi usaha di Google Maps yang dilakukan oleh Hiramanik Sari Mulandari sebagai salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2024 dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hira merancang program kerja “Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan dalam pembuatan profil usaha di Google Maps”. Program kerja ini memiliki tujuan untuk meningkatkan exposure UMKM di Desa Purwosari dengan memanfaatkan fitur Google Maps untuk menjangkau lebih banyak orang dan tempat usaha yang mudah ditemukan calon konsumen.
Kegiatan ini dilakukan pada Senin, (29/7) dengan pendekatan langsung di lokasi UMKM di Desa Purwosari. Yaitu UMKM bidang makanan & minuman (F&B) yaitu kedai teh dengan Ibu Yuni sebagai pelaku UMKMnya. Pemilik usaha diberikan bimbingan menganai cara mendaftarkan usaha di Google Maps sehingga mudah ditemukan oleh peanggan potensial dan menjangkau lebih luas pasar UMKM tersebut. Harapannya dengan adanya program ini mampu meningkatkan exposure usaha di Google Maps dan calon konsumen akan lebih mudah untuk mengakses produk dan layanan yang ditawarkan. Seain itu mampu meningkatkan pendapatan usaha mereka.